Kumpulan Alat Dan Bahan Sablon Manual Di Jasa Konveksi

Pada saat pengerjaan sablon kaos di jasa konveksi ini, memang ada beragam bahan sablon kaos yang memang harus dipersiapkan. Sablon kaos ini terkenal sebagai teknik mencetak pada pakaian yang menggunakan tinta bukan. Untuk bisa mewujudkan berbagai jenis desain. Untuk sablon yang akan di cetak pada permukaan kaos ini. Memang sehingga bahan kaos yang bisa anda pilih memang harus sesuai dengan bahan kaos. Hal ini juga memang akan berguna untuk bisa mewujudkan hasil sablon dengan kualitas yang terbaik bukan. Jika memang anda di sini ingin memiliki bisnis sablon. Maka anda harus belajar mengenai sablon kaos ini. Serta mengetahui apa saja peralatan yang memang anda perlukan.

5 Alat Dan Bahan Sablon Manual Di Jasa Konveksi  

Dalam usaha bisnis konveksi dan distro saat ini. Sudah pasti hal ini tidak asing dengan namanya jenis sablon bukan. Yakni terutama jika alat sablon manual yang masih mudah untuk menemukannya. Yakni dengan mendapatkan harga yang masih terjangkau. Banyak pengusaha sablon yang masih menggunakan metode manual hingga saat ini. Karena memang warna sablon ini memang cukup terbilang tahan lama. Sehingga dapat terawat dengan baik dan benar juga. Berikut ini alat dan bahan sablon manual diantaranya:

  1. Rakel sablon

Alat dan bahan sablon manual pertama di konveksi ini ada rakel sablon. Dimana alat sablon manual ini memang bisa anda gunakan. Untuk mendorong dan menekan tinta di atas kain screen. Selain itu bahan dari rakel ini dibuat dari kayu bukan. Dengan ujungnya terbuat dari karet bukan.

  1. Screen sablon

Alat dan bahan sablon manual kedua di konveksi ini ada screen sablon. Dimana sablon ini bisa dibilang sebagai inti dari alat sablon manual. Screen ini sendiri kebanyakan dibuat dengan bingkai dari bahan kayu. Akan tetapi juga ada yang terbuat dari besi dan aluminium. Pada bingkai yang ada di bagian tengah ini sendiri memang terpasang kain kasa dengan pori – pori halus. Dimana tujuannya agar bisa menyaring tinta saat proses penyablonan ini.

  1. Tinta sablon

Alat dan bahan sablon manual ketiga di konveksi ini ada tinta sablon. Dimana jenis tinta yang banyak juga mempengaruhi hasil sablon. Dimana memang bukan tanpa sembarangan tinta yang digunakan untuk menyablon kaos. Karena memang kebanyakan pengusaha jasa konveksi ini memilih menggunakan tinta sablon rubber. Tinta yang satu ini memiliki harga terjangkau dan tidak menguras kantong.

  1. Kertas kalkir

Alat dan bahan sablon manual keempat di konveksi ini ada kertas kalkir. Dimana jenis kertas ini memang sangat penting berguna untuk membentuk sebuah pola. Yakni pada desain dengan permukaan screen sablon. Jika memang anda kesulitan untuk menggunakan kertas kalkir ini. Anda bisa mengganti dengan menggunakan kertas HVS, plastik sebagai bahan dasarnya.

  1. Alat afdruk

Untuk alat yang satu ini memang tidak asing. Setelah melakukan penempelan film pada screen ini. Maka langkah selanjutnya yakni dengan melakukan pemanggangan. Dimana pada proses ini anda bisa lakukan dengan menggunakan alat afdruk neon panjang. Kemudian film yang sudah direkatkan ini pada screen. Memang sudah terlapisi oleh obat afdruk. Yakni melalui pemanasan untuk menghasilkan desain artwork. Yakni dengan menggunakan gambar yang bagus.

Selain 5 alat di atas, anda memerlukan penyemprot air. Dimana alat ini juga penting untuk membuang sisa obat, Selain itu juga bisa digunakan untuk memperjelas desain atau cetakan yang akan di sablon pada sebuah kaos.